Tuesday, June 1, 2010

Rp 55 M untuk SEA Games dan Paragames

SEMARANG, KOMPAS.com — Alokasi dana yang disiapkan pemerintah dalam penyelenggaraan SEA Games dan ASEAN Paragames di Jawa Tengah tahun 2011 hanya sebesar Rp 55 miliar.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Hadi Prabowo, di Semarang, Selasa (1/6/2010), meminta kepada seluruh instansi terkait penyiapan pelaksanaan dua pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara ini agar menyiapkan konsep jelas tentang kegiatan tingkat internasional tersebut.

Menurut dia, salah satu kendala utama ialah keterbatasan alokasi dana yang dikucurkan pemerintah pusat untuk provinsi ini.

"Alokasi dana sebesar Rp 55 miliar ini harus dibagi untuk persiapan pelaksanaan SEA Games dan ASEAN Paragames," katanya.

Ia menjelaskan, untuk persiapan pelaksanaan SEA Games dialokasikan sekitar Rp 38 miliar dan untuk ASEAN Paragames sebesar Rp 17 miliar. Ia menuturkan, perlu dibuat kajian tentang kesiapan provinsi ini dalam menggelar kedua kegiatan tersebut.

Ia mencontohkan perlunya perbaikan lingkungan di sekitar Gelanggang Olahraga Jatidiri atau kesiapan Bandara Ahmad Yani Semarang dalam menyambut para atlet yang akan datang.

"Dinas Cipta Karya tidak perlu membuat sesuatu yang spektakuler. Sesuaikan konsep yang akan dibuat dengan alokasi dana," katanya.

Menurut dia, kebutuhan dana untuk pelaksanaan kedua kegiatan ini cukup besar, mencapai Rp 200 miliar. Oleh karena itu, lanjut dia, seluruh instansi terkait, seperti Dinas Cipta Karya serta Dinas Pemuda dan Olahraga harus berpikir sistemik dan komprehensif dalam menyiapkan rencana induk yang akan diterapkan.

Dalam pelaksanaan SEA Games mendatang, Jawa Tengah akan memperoleh bagian untuk menggelar tujuh cabang olahraga, yakni panahan, sepak takraw, sepatu roda, biliar, soft tennis, tinju, dan bridge.

No comments:

Post a Comment