Sunday, October 31, 2010

Tugas 1

1. Suatu perusahaan manufaktur baru akan membangun suatu sistem informasi komputer. Apakah anda akan mengusulkan bahwa sebaiknya mereka mulai dengan sistem informasi akuntansi ataukah dengan suatu sistem yang membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan ?

Suatu perusahaan mie mempunyai sistem pengolahan transaksi untuk inventarisasi, pengiriman, penagihan, dan perhitungan, penerimaan. Sistem-sistem tersebut terpisah satu sama lain, dan data di masukan ke sistem-sistem tersebut pada area perusahaan yang terpisah oleh petugas-petugas yang berbeda. Ada usul baru, agar sistem-sistem tersebut dikelola bersama secara otomatis oleh sistem-sistem lain. Jelaskan mengapa cara tersebut diusulkan. Dan apakah anda melihat kerugian sistem yang sedang berjalan ?

Dalam penggunaan sistem yang terpisah terkadang mengalami untung dan rugi, dalam pengerjaannya sistem yang terpisah ini kebanyakan menggunakan pekerja yang di gunakan sebagai pemegang masing-msing sistem, akan tetapi dengan adanya banyak petugas yang memegang sistem tersebut tugas akan cepat dikerjakan dengan baik dan dapat mengurangi kesalahan selanjutnya akan di kirim ke pusat dan pada sistem tersebut dapat juga mengurangi pengangguran.
Di sistem lain yang berjalan otomatis dapat juga berjalan dengan berbagai sistem jaringan, pada jaringan tersebut di kelola bersaama-sama kemudian di jadikan satu kedalam wadah yang memudahkan kita dalam pengecekan. Dan pada sistem otomatis juga terlihat flexibel tidak rumit sehingga memudahkan semua bagian seperti produsen, disributor, dan konsumen sehingga pemesanan, inventarisasi, pengiriman, penagihan, dan perhitungan yang di jadikan satu dalam bagian transaksi akan berjalan sesuai dengan jaringan yangdigunakan secara otomatis. Di sisilain adapun keugian yang akan timbul pada sistem otomatis jika berjalan ialah jika salah satu jaringan terganggu maka pekerjaan akan mengalami kendala yang sangat berarti, perlu persiapan yang matang, adanya database yang mencukupi, perlunya pengawasan terhadap kinerja proses jaringan yangsedang berjalan sehingga jika terjadi kesalahan dapat segera diketahui, dan perlunya manajemen yang baik.
Jenis topologi jaringan
1. Jaringan Ring
 Komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya dangan membentuk lingkaran (ring).
 Data berjalan hanya satu arah mengelilingi lingkaran sehingga sampai dialmat yang dituju.
 Bila salah satu peserta di Ring mengalami kerusakan, maka hubungan dilanjutkan ke computer berikutnya.
 Biaya jaringanring biasanya lebih murah dari pada jaringan Star dan Hybrid

2. Jaringan Star
 Komputer peserta jaringan dihubungkan dengan satu computer pusat (Central Device Control).
 Komputer pusat menerima paket data dari computer di jaringan dan meneruskan mengirim paket tersebut ke computer yang dituju.
 Keuntungan jaringan ini adalah jarak yang diperlukan untuk mengirim paket dari satu node ke node lainnya sangat cepat.
 Hub di tengah harus highly reliable, bila stasiun sentral rusak maka seluruh jaringan tidak dapat dijalankan.

3. Jaringan Bus
 Computer dihubungkan oleh satu kabel, data ditransfer dari satu computer ke computer lainnya melalui bus.
 Setiap computer di bus dapat membaca paket data dan memeriksa apkah address dari paket tsb sesuai dengan address computer tsb. Bila sesuai maka paket diambil.
 Hilangnya satu node tidak akan mempengaruhi jaringan yang ada.

4. Jaringan Hybrid
 Berisi lebih dari satu topologi
 Topologi ini diperlukan untuk mengintegrasikan sistem-sistem berbasis topologi yang berbeda

No comments:

Post a Comment